Cara Melamar Kerja Lewat Email - Mengingat proses melamar kerja lewat email sedikit ribet pada saat
pertama kalinya karena Anda mungkin harus mempersiapkan segala
kelengkapan berkas, maka kebanyakan perusahaan meminta Anda mengirimkan
Surat lamaran dan Curriculum Vitae ditambah pasphoto diri atau
menentukan batasan ukuran file maksimal dari sejumlah berkas yang mereka
minta, misalnya tidak lebih dari 1 Mb. Tujuannya, agar mereka tidak
menghabiskan banyak waktu mengunduh file berkas setiap lamaran yang
masuk.
Cara Melamar Kerja Lewat Email - Namun, ada juga perusahaan yang tidak melakukan demikian. Jika ini Anda temui, maka Anda boleh mengirim berkas apa saja yang cukup mendukung surat lamaran Anda, tanpa perlu memboroskan waktu dan biaya.
Buatlah file Anda dalam ukuran yang optimal
Bila Anda menscan kelengkapan berkas lamaran seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Referensi Kerja, dsb., maka perlu Anda perhatikan besar file setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Satu lembar dokumen ukuran A4 dapat menghasilkan ukuran file yang bervariasi, misalnya 200 Kb sampai 2 Mb. Nah, Anda harus memperhitungkan total kilobyte yang dari keseluruhan dokumen tersebut.
Jika Anda tidak paham bagaimana cara membuatnya optimal, mintalah seseorang yang paham melakukannya. Ukuran file ini dapat diminimalkan dengan Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager. Namun tetap perhatikan bahwa file yang Anda minimalkan tersebut haruslah dapat dibaca dengan jelas, karena meminimalkan file dapat mengurangi kualitas hasil scan-an.
Jika hal di atas telah selesai, saatnya mengirimkan file.
Caranya: Masuk ke akun email Anda.
Berikut ini kami sertakan 2 contoh jika Anda menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo.
1. Klik Tulis atau Compose
Cara Melamar Kerja Lewat Email - Namun, ada juga perusahaan yang tidak melakukan demikian. Jika ini Anda temui, maka Anda boleh mengirim berkas apa saja yang cukup mendukung surat lamaran Anda, tanpa perlu memboroskan waktu dan biaya.
Buatlah file Anda dalam ukuran yang optimal
Bila Anda menscan kelengkapan berkas lamaran seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Referensi Kerja, dsb., maka perlu Anda perhatikan besar file setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Satu lembar dokumen ukuran A4 dapat menghasilkan ukuran file yang bervariasi, misalnya 200 Kb sampai 2 Mb. Nah, Anda harus memperhitungkan total kilobyte yang dari keseluruhan dokumen tersebut.
Jika Anda tidak paham bagaimana cara membuatnya optimal, mintalah seseorang yang paham melakukannya. Ukuran file ini dapat diminimalkan dengan Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager. Namun tetap perhatikan bahwa file yang Anda minimalkan tersebut haruslah dapat dibaca dengan jelas, karena meminimalkan file dapat mengurangi kualitas hasil scan-an.
Jika hal di atas telah selesai, saatnya mengirimkan file.
Caranya: Masuk ke akun email Anda.
Berikut ini kami sertakan 2 contoh jika Anda menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo.
1. Klik Tulis atau Compose
2. Anda berada pada halaman pesan baru
Masukkan alamat email yang Anda tuju, Isikan subjek,
Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai
3. Pilih file yang akan Anda kirimkan. Anda dapat memilih satu persatu atau sekaligus.
4. Tunggu sampai semua file terupload
5. Jika semua file telah terupload, saatnya mengirimkan berkas Anda.
Namun sebelumnya, pastikan bahwa alamat email tujuan Anda benar dan berkas Anda lengkap.
Namun sebelumnya, pastikan bahwa alamat email tujuan Anda benar dan berkas Anda lengkap.
6. Selesai
Demikian cara mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, semoga dapat membantu anda dan bermanfaat.
Demikian cara mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, semoga dapat membantu anda dan bermanfaat.
Sumber : http://www.tipsmu-tipsku.com